Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Dr. Meuthia Farida Hatta Swasono

Gender

: Perempuan

Tempat Lahir

: Yogyakarta

Tanggal Lahir

: 21 Maret 1947

Riwayat Hidup

: Dr. Meuthia Farida Hatta Swasono (lahir di Yogyakarta, 21 Maret 1947) adalah Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Meutia adalah putri mantan wakil presiden dan proklamator Indonesia, Mohammad Hatta. Meutia mendapatkan gelar doktor dalam bidang "Antropologi" dari Universitas Indonesia pada tahun 1991. Pada tahun 2002-2005 Meutia menjadi Ketua Umum Yayasan Hatta.



Meuthia menegaskan pelecehan terhadap perempuan harus diberantas. Ia melihat, pelecehan terhadap perempuan terjadi di seluruh lapisan, dari bawah hingga atas. Pelecehan terjadi di kalangan dewan terhormat, juga publikasi media massa yang cenderung melecehkan citra perempuan. Selain mengidentifikasi potensi hambatan budaya yang ada, menurut doktor Antropologi Fakultas Pasca Sarjana Universitas Indonesia ini, perlu pula mengangkat citra perempuan sesuai tradisi kebudayaan.



Meuthia yang sempat menjabat sebagai Deputi Bidang Pelestarian Kebudayaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di Kabinet Gotong Royong lalu, mengatakan dalam 100 hari pertama masyarakat menuntut terjadinya perubahan. Disebutkan, sudah ada beberapa program sesuai visi dan misi Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Dari program-program itu akan dilihat yang mana yang bisa dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu tidak dapat dilakukan sendiri oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Perlu membuka jaringan kerjasama dengan sektor lain.



Retrieved from "http://www.ghabo.com/gpedia/index.php/Meuthia_Hatta_Swasono"

Riwayat Karir

: Deputi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI bidang Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan, 23 Desember 2003 s/d sekarang

Ketua Jurusan D-3 Pariwisata Fisip UI, Jakarta, hingga sekarang

Ketua Umum Yayasan Hatta, 2002-2005

Ketua Umum Forum Konsultasi Pembinaan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Terasing, Departemen Sosial RI, 1995 s/d sekarang

Peneliti tetap pada Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Lembaga Penelitian UI, 1990 s/d sekarang

Pengajar di jurusan Antropologi Fisip UI, 1984 s/d sekarang

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Kabinet Indonesia Bersatu, 2004-2009

Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam kabinet Kabinet Indonesia bersatu masa kerja 21 Oktober 2004 - 22 Oktober 2009

   
Lampiran Foto :