Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Jero Wacik

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Singaraja, Bali

Tanggal Lahir

: 22 April 1949

Riwayat Hidup

: Jero Wacik adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada Kabinet Indonesia Bersatu. Lahir di Singaraja, Bali pada tanggal 24 April 1949. Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini lulus sarjana dari Institut Teknologi Bandung tahun 1974 dan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1983.



Sebelumnya ia adalah seorang pengusaha jasa pariwisata yang aktif di Partai Demokrat. Dua dari tiga perusahaan yang dimilikinya, bergerak di bidang hotel, biro perjalanan wisata, yaitu PT Griya Batu Bersinar dan PT Pesona Boga Suara yang berkantor di Jakarta dan Bali. Sedangkan satu lagi, PT Puri Ayu, bergerak di bidang interior, disain tekstil juga berkantor di Jakarta dan Bali. Bidang ini dijalaninya sejak tahun 1990-an. Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan industri otomotif.



Saat masih kuliah Institut Teknik Bandung (ITB), Jero sudah bekerja di bebarapa perusahaan tekstil di Bandung sebagai tim peneliti, sekaligus sebagai asisten jurusan Fluid Mechanics and Thermodynamics Mechanical Enggineering, di ITB. Sambil bekerja dan aktif berorganisasi, ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di ITB pada 1973 dengan predikat Mahasiswa Teladan ITB 1973.



Usai menyelesaikan pendidikan di Kampus Ganesa, Jero langsung bekerja di PT United Tractors sebagai Asistant Services Manager (1974-1975). Di perusahaan otomotif terkemuka Grup Astra International ini karirnya terus meningkat dengan posisi jabatan mulai dari asisten (1974) hingga menjabat Government Sales Manager (1990).



Suami dari Triesna ini pun banyak memanfaatkan kesempatan ke sejumlah negara di Asia dan Eropa dalam rangka kursus dan seminar-seminar selama bekerja di United Tractors itu. Sampai akhirnya ia lebih memilih menjadi wiraswasta yang bergerak di bidang industri jasa pariwisata tahun 1992. Selain aktif dalam bidang otomotif dan pariwisata, ia pun mempunyai komitmen tinggi pada dunia pendidikan. Ayah dati tiga putri dan satu putra, ini juga menyempatkan waktunya sebagai dosen mata kuliah pemasaran dan kewirausahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Selain itu, ia juga menulis buku antara lain, "Cara Mudah Menjadi Wirausaha" yang diterbitkan Lembaga Penerbit UI (LP UI) pada 1998, "Fisika untuk SMA" diterbitkan Ganesha Exact Bandung (1979), dan "Matematika untuk SMA" Ganesha Exact Bandung.



Retrieved from "http://www.ghabo.com/gpedia/index.php/Jero_Wacik"



Riwayat Karir

: Jero Wacik adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada Kabinet Indonesia Bersatu. Lahir di Singaraja, Bali pada tanggal 24 April 1949. Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini lulus sarjana dari Institut Teknologi Bandung tahun 1974 dan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1983.

Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dalam kabinet Kabinet Indonesia bersatu masa kerja 21 Oktober 2004 - 22 Oktober 2009

  2. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dalam kabinet Kabinet Indonesia Bersatu II masa kerja 22 Oktober 2009 -

   
Lampiran Foto :